Pages

selamat datang di ....P3K_IT SOLUTION,Bengkel Smartphone & Tablet

Kamis, 21 April 2011

MENGATASI BLANK SCREEN PADA TOSHIBA

selamat siang semuanya.....
wah....lama ya ga nulis...(abisnya bingung apa yang mau ditulis)hehehe...kali ini cuma mau share aj pengalaman pribadi neh....waktu itu ada temen yang curhat,katanya laptop toshibanya ngeblang,gak mau nyala.....bingung...kirain tu laptop dah wafat,...akhirnya diperiksainlah itu lapie ke dokter lapie.setelah diutak utik agak lama,...eh mau nyala lagi..mau booting...akhirnya setelah dites berulang kali,dengan cara shutdown terus dinyalain lagi,...begitu seterusnya sampe berulang 4 kali,akhirnya setelah yakin normal tu laptop dibawa pulang,tapi kata si dokternya,harus dicharge sebelum baterainya habis,karena disinyalir tu ada kelainan dibaterainya...akhirnya dibawalah itu laptop pulang kerumah.tentunya dengan menebus resep yang agak mahal juga....cepek....(wah,,...cepet kaya tuh tukang servisnya...cuma utak utik bentar...eh dapetnya 100rb).
nhah...setelah beberapa hari dirumah tu laptop masih normal.masih bisa nyala.pas hari ke 8,
eh...lupa gak dicharge sebelum baterainya abis....akhirnya tu lapie sakit lagi....waduh...dibawa lagi tu laptop ke dokter laptop yang dulu...kali ini dignosa sang dokter agak mengerikan....tu laptop divonis bahwa LCD scren(layar) yang kena.harus diganti,harus opname tentunya....biayanya?900ribu....busyet.....akhirnya dengan hati yang masygul tu laptop dibawa pulang lagi....gak jadi dirawat di tukang servis.
nhah...pas kejadian itu,saya lagi pindah tugas diluar kota....dia cuma cerita lewat telpon.akhirnya waktu saya balik kerumah(rumah istri,hehehe...),tu laptop coba saya periksa...(halah.....)....
pertama2 saya cek dulu arusnya,karna dari historynya,disinyalir batre yang bermasalah....saya coba tekan tombol power....haduh...gak ada respon.....akhirnya saya colokin charger \jreeng....lampu indikator nyala....wah ada harapan nih.....berarti baterai habis....saya tunggu sampe lampu indikator nyala hijau....setelah durasa cukup,saya lanjutkan pemeriksaannya,,..ketika saya tekan tombol power,lampu indikator hardisk nyala,berarti kesimpulannya gak ada trouble di mainboard (positif thinking aj,,,).tapi screen tetep gelap gulita....gak mau booting,gak mau masuk windows...boro-boro masuk windows,...masuk bios aj gak mau.....haduh........ketika itu saya juga dah beranggapan kalo tu yang bermasalah di LCD (seperti kebanyakan laptop toshiba)....putus asa......akhirnya,entah pikiran darimana....saya inisiatif buat periksa di harrdwarenya....saya copotin satu persatu,hardisk,ram,wilan card,dvd-rw,dan baterainya tentunya.tak bersihin satu persatu semua hardware tersebut....setelah sampai dibagian lcdnya,saya ambil multitester,saya periksa jalur2 kabel lcd satu persatu....(capek$butuh ketelitian)ternyata gak ada yang trouble,semuanya normal....akhirnya saya tes satu persatu hardware tadi,saya pasang semuanya seperti semula....kemudian saya test pake hirent boot.ternyata masih seperti yang dulu....(lagunya ungu kali...)akhirnya saya mengambil kesimpulan,yang bermasalah pasti di ramnya,(karna laptop masih bisa booting pake hirent kalo ada ram nya meskipun gak terpasang hardisknya)....akhirnya saya copot tu ram,saya test pake lapi saya....(compaq 515)...kebetulan typenya sama yaitu DDR 2.saya pasang di lapie saya,saya tekan tombol power,...waduh....laptop saya malah ikutan mati...gelap gulita....dah jelas sekarang.....penyakitnya di RAM....akhitrnya saya copot lagi tu RAM,saya bersihkan pake stip (karet) penghapus di bagian kaki2 nya.saya gosok dan saya bersihkan pake minyak kayu putih....setelah yakin bersih,saya pasang lagi di laptop toshiba yang sakit tadi.....dengan berharap2 cemAs,saya nyalain lagi tu laptop....jreeeeng,......nyala.......pertama2 masuk bios...loading.....windows....dan jreeeng....kembali normal.....puas dan klimaks....(Heheeh....)....saya cek semua systemnya,waduh...ternyata gak pernah dibersihin si empunya....akhirnya saya bersihkan tu sampah2 registri dan temp folder pake software ccleaner.setelah semua beres,saya periksa baterai,saya putuskan untuk kalibrasi...dan seteklah semua yakin beres,keesokan harinya saya telp ke temen saya dan melaporkan bahwa lapie dia udah bener,....
wuih....betapa senengnya dia melihat lapienya kembali sehat....akhirnya duit yang tadinya dikumpulin buat ganti lcd malh jadinya buat nraktir liburan n makan2 saya ma keluarga.
nha....intinya,...kita jangan langsung percaya gitu aja ma vonis tukang servis.....sedikit banyak kita harus tau teknologi agar gak dibodohin orang lain.....(meskipun tidak semuanya begitu).
see on next post......

1 komentar:

  1. wah,...kayaknya kolaboerasi mantep tuh pak....review flame nya dunk....

    BalasHapus

silahkan comment ya....dibawah ini...
yang tidak punya akun pake anymous ato name/url (url dikosongin)